Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Selasa, 22 Agustus 2017

Cara Bergabung di oneseacrh.id


Onesearch.id merupakan sebuah portal pencarian yang mampu mengindeks  katalog, jurnal online, serta repository yang ada di Indonesia. Sampai saat ini sudah ada 559 institusi, dan 675 perpustakan yang bergabung dalam portal tersebut. Banyak keuntungan yang didapat ketika bergabung dalam onesearch.id, diantaranya :
  1. Meningkatkan traffic/pengunjung
  2. Meningkatkan citra perpustakaan
  3. Meningkatkan backlink
Pertanyaannya adalah, syarat apa sajakah yang harus dipenuhi jika ingin bergabung pada onesearch.id?. Silakan kunjungi halaman ini

Ada beberapa aplikasi perpustakaan yang sudah memenuhi persyaratan tersebut, diantaranya adalah aplikasi OJS, SLiMS, Eprints, DSpace, dll. Sehingga ketika sebuah institusi maupun perpustakaan sudah memakai salah satu atau beberapa aplikasi di atas, maka secara otomatis bisa didaftarkan pada onesearch.id.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pada saat proses pendaftaran, yaitu :
  1. Buat akun di onesearch.id
  2. login
  3. Klik institusi
  4. Cari terlebih dulu, apakah institusi anda sudah terdaftar di onesearch.id ataukah belum, jika sudah maka tidak perlu lagi menambahkan, namun sebaliknya jika setelah dicati ternyata belum ada, maka silakan menambahkan institusi tersebut.
  5. Masukkan nama perpustakaan anda. (Contoh : Nama Institusi adalah Universitas Muhammadiyah Pati, sedangkan nama perpustakaannya adalah : Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pati)
  6. Kemudian di dalam perpustakaan tentunya terdapat bermacam - macam sistem, ada sistem katalog, ada sistem jurnal (ojs), dsb, masukkan satu - satu sistem tersebut, dan cari letak OAI-PMHnya.
  7. Submit.
  8. Tunggu beberapa hari agar admin memverifikasi pendaftaran anda.
setelah terdaftar, dan disetuji anda bisa mengambil widget untuk ditampilkan di halaman tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar