Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 09 Agustus 2017

Kunjungan ke Perpustakaan Negara Malaysia

Perpustakaan Negara Malaysia (PNM) berlokasi di Jl.Tun Abdur Razak, memliki 3 gedung, yakni Anjung Bestari sebagai gedung utama, gedung Wisma Sejarah, dan gedung Menara PNM. Anjung Bestari terdiri dari 5 lt antara lain berisi koleksi PBB, Hadvard, Asean, deposit, surat kabar, dan Samsung SMART library. Wisma Sejarah sbg lending services for adults dan bulk loan. Sedangkan menara PNM terdiri 15 lantai berisi koleksi kuno, manuskrip Malaysia, referensi, peta topografi Malaysia, dan terbiran berkala Malaysia. Layanan tersebut buka dari hari Selasa - Sabtu pkl 10.00 - 19.00,  Ahad pkl 10.00 - 18.00. Senin tutup.
Di lantai 4 tengah gedung Anjungan Bestari terdapat koleksi Asean termasuk Indonsia dalam berbagai bidang.  Apabila buku buku karya orang Indonesia ingin dikenal dan dirujuk oleh orang luar negeri dapat mengirim bukunya ke PNM ini, kapan.....?.
Judul koleksi ini dapat diakses melalui http:www.aseansec.org.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa PNM memiliki 220.000 koleksi referensi, pemustaka diarahkan untuk menggunakan sumber rujukan elektronik seperti Encyclopedia Britanica Online, EBrary, World eBook Library, World Book Online, EBSCO Host, Overdrive.layanan ini bisa diakses melalui https://pnm.elib.com.my/.  PNM terletak di pusat kota ini juga memiliki 125 judul terbitan berkala dan sekitar 200.000 bahan pustaka buku. 

PNM juga menjadi National Deposit Centre sejak tahun 1976. selain itu, PNM juga dipercaya sebagai Pusat Penyerahan Terbitan PBB yg sampai kini memiliki lebih dari  7.000 koleksi PBB. Koleksi ini dapat diakses melalui http://www.pnm.gov.my/index.php/pages/view/459 (sumber : library.umy.ac.id)

Lasa Hs

0 komentar:

Posting Komentar