Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 13 Agustus 2017

Filosofi Gugah Cerah


Kolom ini berisi artikel pendek berupa pemikiran, gagasan yang bersifat MENGGUGAH dan MENCERAHKAN dalam bidang kepustakawanan, Kemuhammadiyahan, dan Islam. Siapapun silahkan memberikan tulisan disini.
Media ini sebagai latihan menulis dan sekaligus sebagai sharing knowledge serta menumbuhkan sikap kritis kepada tenaga perpustakaan PTMA.
Silakan kirimkan tulisan anda melalui email : fpptma@gmail.com, konfirmasi silakan hub 089668077866

           
Judul diatas merupakan penegasan bahwa organisasi kita FPPTMA merupakan organisasi kepustakawanan perguruan tinggi yang memiliki visi yang kompetitif, moto yang jelas, rencana capaian pada tahun tertentu, dan misi yang tidak hanya memikirkan diri sendiri.
Kebersamaan dalam mencapai tujuan perlu kita pegang teguh. Sebab kita ingin menjalin kerjasama dengan siapapun tanpa membedakan agama, paham, suku, status dalam bidang kepustakawanan/informasi. Untuk itu   kita sudah menjalin kerjasama dengan sesama perpustakaan PTMA, beberapa waktu lalu kami sudah melakukan penjajagan kerjasama dengan PNRI, dan beberapa hari lalu kami juga melakukan penjajagan kerjasama dengan Perpustakaan Universitas Antarbangsa Malaysia/IIUM.
            Dalam kehidupan kita kadang memperbesar perbedaan, mencari-cari kesalahan dan kekurangan orang lain. Bahkan menganggap dirinya yang paling benar. Kiranya sikap kekanak-kanakan ini perlu ditinggalkan. Kiranya dalam mengisi kemerdekaan ini kita perlu menyamakan persepsi, mencari kesamaan dalam rangka mencapai tujuan bersama. Energi kita telah terbuang percuma dalam perbedaan paham, aliran politik, dan konflik kepentingan. Sudah saatnya   kita yang bergerak di bidang informasi ini untuk mengelola informasi ilmiah secara profesional, terbuka dan  berkemajuan untuk memajukan bangsa kita.
            Kerjasama ini dengan tujuan untuk mencapai/mewujudkan informasi yang berkualitas di tengah-tengah maraknya informasi yang abal-abal ini. Melalui kualitas informasi ini diharapkan bahwa Perpustakaan PTMA ikut berperan serta dalam memajukan bangsa. Kemajuan merupakan katakunci Muhammadiyah untuk mencapai masyarakat Islam yang berkualitas.
            Kita perlu menyadari adanya  ketiduran, kemandegan, hidup dalam lingkaran setan, tidak ada solusi, maupun kejumudan berpikir. Ketiduran ini antara lain dalam manajemen kepustakawanan, gerakan yang stagnan organisasi kepustakawanan kita, belum berani share informasi secara terbuka, masih merasa di bawah dosen, dekan, dan lainnya. Untuk itu kita perlu menggugah dan digugah dari keterbelakangan, kemandegan, bekerja yang itu itu saja.
            Setelah kita bangun dari kemandegan berperilaku dan bertindak, kita perlu memberikan pencerahan dalam bidang kepustakawanan, Kemuhammadiyahan, dan KeIslaman. Memamg kita batasi 3 bidang itu yang sesuai dengan bidang tugas kita. Pembatasan ini untuk menjaga adanya konflik kepentingan dan biar fokus pada bidang tersebut.  
            Untuk menumbuhkan kebersamaan dalam mencapai kemajuan/keunggulan informasi, tiap Perpustakaan PTMA perlu memahami Visi, tagline, dan misi FPPTMA sebagai berikut:

FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH-‘AISYIAH/FPPTMA

Visi
Menjadi organisasi kepustakawanan perguruan tinggi yang Islami, Unggul, dan berkemajuan pada tahun 2032 berdasarkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan

Tagline
Bersama mencapai keunggulan informasi untuk memajukan bangsa

Milestone

2012 – 2017          Unggul dalam penyelenggaraan dan pengelolaan dan layanan
                              Muhammadiyah Corner
2017 – 2022          Unggul dalam jaringan informasi perpustakaan perguruan
                              tinggi
2022 – 2027          Unggul dalam sumber daya manusia
2027 –2032       Unggul dalam pengelolaan dan layanan informasi   Kemuhammadiyahan, KeIslaman, dan ilmu pengetahuan melalui kerjasama


Misi 
  1. Membantu Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitia dan Pengembangan PP Muhammadiyah/Diktilitbang PP Muhammadiyah, dan Majelis Pustaka PP Muhammadiyah dalam pengembangan  kepustakawanan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/PTMA;
  2. Melakukan silaturrahmi  dan membentuk jaringan kerjasama antarperpustakaan PTMA dan perpustakaan lain dalam dan luar negeri;
  3. Berusaha meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kesejahteraan sumber daya manusia perpustakaan PTMA
  4. Membantu upaya peningkatan eksistensi perpustakaan PTMA dalam menunjang caturdharma yakni; pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan Al Islam dan Kemuhammadiyahan/AIK.
Lasa Hs.




0 komentar:

Posting Komentar