Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Senin, 28 Agustus 2017

Customer Relationship Management (CRM) di Perpustakaan

Perubahan konsep perpustakaan konvensional menjadi perpustakaan berbasis teknologi informasi dapat merubah citra perpustakaan, semula perpustakaan hanya dianggap sebagai gudang buku, akan tetapi setelah hadirnya teknologi informasi maka perpustakakaan dianggap sebagai pusat informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Teknologi informasi menjadi pilar utama di perpustakaan. Akses informasi perpustakaan dapat dilakukan melalui jaringan internet, sehingga pengguna tidak harus datang langsung ke gedung perpustakaan.


Kaitannya dengan CRM, CRM adalah strategi yang digunakan untuk mempelajari tentang kebutuhan dan perilaku customer. Penerapan CRM di perpustakaan dapat membantu  sumber daya manusia secara optimal. Yang perlu diingat seseorang yang duduk dalam resepsionis harus mempunyai komunikasi yang baik, pengetahuan tentang sumber dan layanan perpustakaan.

Sunarti
(Perpustakaan UMY)

0 komentar:

Posting Komentar